PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 41 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

FEBRIANI, FEBY (2017) PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 41 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I 2 3 skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS kelas V SDN 41 Ampenan tahun ajaran 2017/2018. Dari hasil obsevasi yang dilakukan peneliti masih banyak siswa yang nilainya dibawah standar KKM, yang ditetapkan sekolah yaitu 74,0. Faktor yang mempengaruhi rendahnya nilai siswa yaitu kurangnya kemampuan guru dalam memanfaatkan media dan fasilitas-fasilitas yang mendukung pembelajaran, guru juga masih menerapkan pembelajaran konvensional sehingga siswa menjadi pasif dan terkesan bosan. Untuk itu peneliti menemukan solusi dengan menggunakan Multimedia Interaktif untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang terdiri atas dua siklus. Tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan Multimedia interaktif .Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penggunaan Multimedia interaktif Pada siklus I ketuntasan belajar siswa secara klasikal 78% dengan nilai rata-rata kelas 78,18. Hasil observasi aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata 56,9 berkategori aktif. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 88% dengan nilai rata-rata kelas 88,61. Hasil observasi aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata 66,6 berkategori sangat aktif. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria ketuntasan yang ingin dicapai yakni 85% sudah mencapai indikator yang diharapkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 41 Ampenan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Multimedia interaktif, dan Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Apr 2018 03:27
Last Modified: 09 Apr 2018 03:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item