ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBBURAHMAN EL SHIRAZY : PERSPEKTIF ALFRED ADLER

FATAHULLAH, FATAHULLAH (2020) ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBBURAHMAN EL SHIRAZY : PERSPEKTIF ALFRED ADLER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Revisi 21.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek psikologi individual tokoh novel Bidadari Bermata Bening karya Habibburahman El Shirazy yang meliputi: (a) per juangan menuju superior (b) pandangan subj ek, (c) kesatuan kepribadian, (d) mina tsosial, (e) gaya hidup (f) kekuatan kreatif self. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitianini berupa kata dan kalimat yang menggambarkan psikologi individual tokoh sesuai dengan sasaran yang diteliti. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tehnik baca, catat, dan pustaka. Analisis data menggunakan rambu-rambu data yang dibuat berdasarkan masalah dan tujuan penelitian. Pengecekan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tehnik catat. Data berupa satuan kutipan data yang memuat aspek psikologi individual tokoh dalam novel tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua tokoh dalam novel Bidadari Bermata Bening memiliki kemampuan- kemampuan yang termasuk dalam aspek psikologi individual. Hanya tokoh Ayna yang sangat dominan memiliki aspek psikologi individual Alfred Adler. Psikologi individual yang dimiliki Ayna sebagai tokoh utama dalam novel Bidadari Bermata Bening yang Sebagian besar dipengaruhi oleh watak dan lingkungan tokoh yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: novel, Alf red Adler, psikologi individuaL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Apr 2021 00:58
Last Modified: 30 Apr 2021 00:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21724

Actions (login required)

View Item View Item