Mengembangkan Permainan Lari Karung Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di Lingkungan Aik Ampat Kelurahan Kelayu JorongSelong Lombok Timur Tahun 2021

IDIATUL, FITRI (2021) Mengembangkan Permainan Lari Karung Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di Lingkungan Aik Ampat Kelurahan Kelayu JorongSelong Lombok Timur Tahun 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi idiatul fitri fix terupdate.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh belum berkembangnya kemampuan motorik kasar anak dalam hal koordinasi tangan kanan dan tangan kiri dalam hal perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun diLingkungan Aik Ampat Kelurahan Kelayu Jorong Selong Lombok timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk permainan lari karung dan cara bermain Lari Karung yang dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Tujuan dari penelitian ini ialah untukmengetahui bentuk dan cara permeminan lari karung yang dapatmeningkatkan perkembanganmotorik kasar anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Aik Ampat Kelurahan Kelayu Jorong Selong Lombok timur.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif Subyek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahundiLingkunganAikAmpatKelurahanKelayuJorongSelong Lombok timuryang terdiri dari 3 subyek. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam peneilitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil yang diperoleh pada 3 subyek selama 3 kali kegiatan6 kali pertemuan di kegiatan pertama memproleh nilai rata-rata 48.5%, di pertemuanke-2 meningkat memproleh nilai rata-rata 64,02% dan di pertemuan ke-3 semakin meningkat memproleh nilai rata-rata 88,3. adapun hasil yang di proleh dari pertemuan pertama sampai akhir yakni subyek I pada uji coba 1 di pertemuan pertama memperoleh nilai sebesar 41.6% dan pada pertemuan ke-enam memperoleh nilai sebesar 95.8%, subyek II pada pertemuan pertama memperoleh nilai sebesar 36.1% dan pada pertemuan ke-enam memperoleh nilai sebesar 91.6%, subyek III pada pertemuan pertama memperoleh nilai sebesar 38.8% dan pada pertemuan ke- enam memperoleh nilai sebesar 100%. Dengan kesimpulan subyek mengalami peningkatan pada pekembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan permainan lari karung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci :Perkembangan motorik kasar, permainanlarikarung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Apr 2021 00:58
Last Modified: 30 Apr 2021 00:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21731

Actions (login required)

View Item View Item