KESESUAIAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET PADA PESERTA DIDIK KELAS I DAN II MADRASAH IBTIDAIYAH YAYASAN AL-MUKHTARIYAH AL-ISLAMIYAH MAMBEN DAYA DALAM MEMAHAMI HUKUM KEKEKALAN TAHUN AJARAN 2020/2021

FARIDATUL, WARDI (2021) KESESUAIAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET PADA PESERTA DIDIK KELAS I DAN II MADRASAH IBTIDAIYAH YAYASAN AL-MUKHTARIYAH AL-ISLAMIYAH MAMBEN DAYA DALAM MEMAHAMI HUKUM KEKEKALAN TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_FARIDATUL WARDI_ E1R016031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian perkembangan kognitif peserta didik kelas I dan II dalam memahami hukum kekekalan bilangan, kekekalan materi dan kekekalan panjang dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I dan II Madrasah Ibtidaiyah Yayasan Al-Mukhtariyah Al-Islamiyah Mamben Daya tahun Ajaran 2020/2021 sebanyak 52 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut didapatkan 14 sampel penelitian. 6 sampel dari kelas I dan 8 sampel dari kelas II. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa uraian singkat tentang hukum kekekalan bilangan, kekekalan materi dan kekekalan panjang. Adapun instrumen non-test berupa wawancara yang dipadukan dengan percobaan sederhana. Wawancara dan percobaan sederhana dalam penelitian ini memanfaatkan uang logam uang untuk kekekalan bilangan, air dan gelas untuk kekekalan materi dan terakhir tali untuk kekekalan panjang. Berdasarkan hasil analisis data jawaban soal tes peserta didik, diketahui sebanyak 50% peserta didik sudah memahami hukum kekekalan bilangan, hukum kekekalan materi dan hukum kekekalan panjang. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara dan percobaan sederhana diketahui ada 7 peserta didik sudah memahami hukum kekekalan bilangan, kekekalan materi dan kekekalan panjang, 2 peserta didik sudah memahami hukum kekekalan bilangan dan kekekalan materi, 2 peserta didik sudah memahami hukum kekekalan bilangan dan kekekalan panjang, 2 peserta didik memahami hukum kekekalan bilangan dan 1 peserta didik yang belum memahami ketiga hukum kekekalan. Untuk peneliti selanjutnya bisa melakukan penelitian lanjutan mengenai penyebab peserta didik yang sudah memasuki tahap berpikir konkret belum mampu memahami hukum kekekalan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Teori Kognitif Jean Piaget, Hukum Kekekalan Bilangan, Hukum Kekekalan Materi, Hukum Kekekelan Panjang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Apr 2021 00:59
Last Modified: 30 Apr 2021 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21735

Actions (login required)

View Item View Item