SISTEM INFORMASI ANTREAN APOTEK RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE (STUDI KASUS RSUD PRAYA)

LALU, NOVALINO ROASTA RAMADHAN (2021) SISTEM INFORMASI ANTREAN APOTEK RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE (STUDI KASUS RSUD PRAYA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Archive
F1D015041_LaluNovalino.zip
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)

Abstract

Pada saat diruang tunggu apotek rumah sakit sering sekali terjadi penumpukan antrean. Hal itu tidak efisien karena menghabiskan waktu istirahat atau kegiatan lain hanya untuk menunggu antrean. Dari permasalah tersebut diperlukan sistem yang dapat digunakan pasien untuk melihat antrean di manapun keberadaannya. Pada tugas akhir ini dirancang sebuah sistem informasi antrean apotek rumah sakit. Sistem informasi ini dirancang berbasis web agar pasien dapat mengakses melalui semua platform yang kemudian akan digunakan oleh pasien dalam memudahkan pasien melihat antrean. Pada pembuatan sistem digunakan metode prototype agar dapat di evaluasi secara berkala ketika menemukan masalah pada sistem. Kelebihannya, sistem dapat langsung di perbaiki jika ditemukan bug. Pada sistem ini terdapat dua user yaitu pasien dan staff apotek, sistem ini juga memudahkan pasien dalam memprediksi antrean karena pasien dapat melihat status antre dan status obat (racikan atau non racikan) pada apotek. Sehingga pasien dapat meninggalkan ruang tunggu ketika antrean mengalami penumpukan dan kembali ke ruang tunggu saat akan mendapatkan giliran. Hasil dari sistem ini RSUD Praya data melihat rata-rata lama antrean racikan dan non racik pada apotek RSUD Praya perbulannya. Sehingga dapat mengukur tinggat layanan apakah sudah memenuhi SOP yang sudah ditentukan atau tidak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Sistem Informasi Antrean, Sistem Informasi Management, Web Programing, Sistem Informasi, SIMRS.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 May 2021 03:47
Last Modified: 04 May 2021 03:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21753

Actions (login required)

View Item View Item