PENGEMBANGAN MEDIA TIGA DIMENSI KONTEKSTUAL BERBAHAN DASAR BARANG BEKAS UNTUK SISWA KELAS IV SD

AINUN, JARIAH (2021) PENGEMBANGAN MEDIA TIGA DIMENSI KONTEKSTUAL BERBAHAN DASAR BARANG BEKAS UNTUK SISWA KELAS IV SD. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_PENGEMBANGAN MEDIA TIGA DIMENSI KONTEKSTUAL BERBAHAN DASAR BARANG BEKAS UNTUK SISWA KELAS IV SD_AINUN JARIAH (E1E216011) (Autosaved).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran tiga dimensi kontekstual berbahan dasar barang bekas untuk siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari 6 orang siswa kelas IV di SDN 10 Mataram. Hasil penelitian menunjukan bahwa media tiga dimensi kontekstual berbahan dasar barang bekas yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria sangat layak dengan memperoleh nilai persentase 98% dari ahli media dan ahli materi memperoleh nilai persentase 93% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan dari respon siswa memperoleh nilai persentase 95% dan sudah memenuhi kriteria sangat layak untuk digunakan. Layaknya media yang digunakan dikarenakan bentuk media sesuai dengan objek nyata, setiap komponen pada media sudah sesuai dengan indikator penyataan. Layaknya materi yang digunakan yaitu materinya sesuai dengan tujuan pembelajaran dan indikator pernyataannya sudah sesuai dengan materi. Sedangkan layaknya dari respon siswa dikarenakan media tersebut sudah sesuai dengan karakteristik siswa, sudah membuat siswa aktif dan medianya sudah sesuai dengan materi yang disampaikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media tiga dimensi kontekstual berbahan dasar barang bekas sudah sangat layak untuk digunakan kepada siswa kelas IV SD pada materi siklus hidup kupu-kupu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci : Media Tiga Dimensi Kontekstual Berbahan Dasar Barang Bekas, Siswa Kelas IV SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 May 2021 04:19
Last Modified: 04 May 2021 04:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21758

Actions (login required)

View Item View Item