MENGEMBANGKAN KEGIATAN MENGANYAM UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN (STUDI KASUS) DI DESA MEKAR SARI GERUNG TAHUN 2020

SILVIA, HERNAWATI PUTRI (2021) MENGEMBANGKAN KEGIATAN MENGANYAM UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN (STUDI KASUS) DI DESA MEKAR SARI GERUNG TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SILVIA HERNAWATI PUTRI_E1F016067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan selama masa pandemi covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku di Desa Mekar Sari Gerung, Kecamatan Gerung Utara, Kabupaten Lombok Barat. Ditemukan perkembangan motorik halus dalam kegiatan menganyam anak usia 4-5 tahun di sekolah hanya menggunakan teknik anyaman tunggal, dan menghasilkan bentuk anyaman tikar saja, sehingga perkembangan motorik halus anak menjadi kurang terasah dan berkembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk anyaman dan langkah-langkah kegiatan menganyam yang dapat meningkatkan motorik halus anak usia 4-5 tahun di Desa Mekar Sari Gerung, Kecamatan Gerung Utara, Kabupaten Lombok Barat Tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif pendekatan studi kasus. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motorik halus melalui kegiatan menganyam anak usia 4-5 tahun (Studi Kasus) Di Desa Mekar Sari Gerung Tahun 2020 pada obervasi pengembangan tahap I persentase terendah 39,50% anak mulai berkembang, sedangkan persentase tertinggi yang diperoleh anak sebanyak 51,79% anak berkembang sesuai harapan (BSH). Pada observasi pengembangan tahap II persentase terendah yang diperoleh anak adalah sebanyak 88,09% anak berkembang sesuai harapan (BSB), sedangkan persentase tertingi yang diperoleh anak sebanyak 91,67% anak berkembang sesuai harapan (BSB). Sehingga dapat disimpulkan bahwa bentuk menganyam tikar, rumah, ikan, tas, awan dapat meningkatkan motorik halus anak usia 4-5 tahun dengan memberikan motif bentuk yang berbeda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kegiatan Menganyam, Motorik Halus.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 May 2021 04:22
Last Modified: 05 May 2021 04:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21763

Actions (login required)

View Item View Item