SIMULASI PENGARUH VISKOSITAS FLUIDA TERHADAP POLA ALIRAN DAN TRANSFER MASSA PADA MEMBRAN PERMEABEL MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD)

MUHAMAD, AFAN (2021) SIMULASI PENGARUH VISKOSITAS FLUIDA TERHADAP POLA ALIRAN DAN TRANSFER MASSA PADA MEMBRAN PERMEABEL MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SIMULAASI PENGARUH VISKOSITAS FLUIDA TERHADAP POLA ALIRAN DAN TRANSFER MASSA PADA MEMBRAN PERMEAB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penyakit gagal ginjal merupakan salah satu isu kesehatan dunia dengan beban pembiayaan yang tinggi, insiden penyakit gagal ginjal meningkat setiap tahun dan menjadi masalah kesehatan utama di seluruh dunia. Hemodialisis merupakan salah satu proses terapi pengganti ginjal yang menggunakan membran semi permeabel yang berfungsi seperti nefron sehingga dapat mengeluarkan produk sisa metabolisme dan mengoreksi gangguan keseimbangan cairan maupun elektrolit pada pasien gagal ginjal. Efisiensi sebuah hemodialyzer sangat ditentukan oleh transfer massa pada unit dialyzer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model aliran dan transfer massa pada unit dialyzer. Simulasi ini dilakukan pada membran permeabel dengan dimensi 4 mm × 5 mm dan tebal 10 µm. Ukuran pori 3 µm jarak antara dinding plat dengan membran adalah 20 µm. Dalam penelitian ini dilakukan analisis transfer massa pada alat parallel plate flow chamber yang dipasang membran permeabel. Hasil simulasi menunjukan bahwa semakin besar viskositas fluida maka semakin kecil transfer massa melintasi membran. Pada bio fluida dengan viscositas 4,0×10-3 pa.s memiliki koefisien difusi sebesar 3,77×10-9 m3 /menit, pada viskositas 4,5×10-3 pa.s koefisien difusi sebesar 1,44×10-9 m3 /menit, pada viscositas 5,0×10-3 pa.s memiliki koefisien difusi sebesar 1,33×10-9 m3 /menit, dan pada NaCl memiliki koefisien difusi sebsar 1.55×10-9 m3 /menit. Tekanan pada permukaan membran lebih rendah jika dibandingkan dengan tekanan yang terjadi di dalam pori membran. Viskositas fluida sangat berpengaruh terhadap transfer massa pada aliran counter flow pada proses hemodialisa, karena semakin besar viscositas fluida maka semakin kecil transfer massa yang terjadi. Untuk pola aliran yang terjadi pada membran permeabel laminar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : hemodialisis, transfer massa, difusi dan pola aliran.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 May 2021 04:22
Last Modified: 05 May 2021 04:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21766

Actions (login required)

View Item View Item