PENYELESAIAN PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN YANG BANGUNANNYA MUSNAH KARENA GEMPA BUMI (STUDI KASUS DI PT. BPR PRIMA NADI)

FERANI, SAFIRA FERNANDO (2021) PENYELESAIAN PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN YANG BANGUNANNYA MUSNAH KARENA GEMPA BUMI (STUDI KASUS DI PT. BPR PRIMA NADI). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bismillahirrohmannirrohim, Skripsi Ferani Safira Fernando 3FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perlindungan hukum bagi pihak kreditur dalam perjanjian kredit dengan jaminan hak tanggungan berupa bangunan yang musnah pasca gempa bumi dan penyelesaian sengketa terhadap obyek yang hak tanggungannya berupa bangunan yang musnah pasca gempa bumi di PT. BPR Prima Nadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif empiris. Hasil penelitian ini adalah perlindungan hukum bagi pihak kreditur dalam perjanjian kredit dengan jaminan hak tanggungan berupa bangunan yang musnah pasca gempa bumi yaitu perlindungan hukum preventif dengan mengasuransikan obyek jaminan, dituangkan dalam APHT dibuat PPAT dalam Pasal 10 ayat 2 dan Pasal 11 ayat 2 huruf i UU No 4 Tahun 1996. KUHPerdata dalam pasal 1131 dan pasal 1132. Dan penyelesaian sengketa terhadap obyek yang hak tanggungannya berupa bangunan yang musnah pasca gempa bumi di PT. BPR Prima Nadi yaitu relaksasi, dihapus bukukan dan upaya pemerintah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perjanjian Kredit, Jaminan, Hak Tanggungan, Gempa Bumi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 May 2021 01:29
Last Modified: 10 May 2021 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21773

Actions (login required)

View Item View Item