POLA HABITUALISASI PERMUKIMAN KOMUNITAS MASYARAKAT ADAT SASAK DI DUSUN LIMBUNGAN DESA PERIGI, KECAMATAN SUELA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Lalu, Muhammad Toni (2021) POLA HABITUALISASI PERMUKIMAN KOMUNITAS MASYARAKAT ADAT SASAK DI DUSUN LIMBUNGAN DESA PERIGI, KECAMATAN SUELA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Lalu.Muh.Toni (E1S016037).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pola permukiman masyarakat adat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Lokasi penelitian terletak di Dusun Limbungan Desa Perigi, Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara semi struktur, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan adanya: Pola habitualisasi (pembiasaan) permukiman masyarakat adat yaitu pola memanjang (linier), rumah adat menghadap kearah timur, bahan-bahan pembuatan rumah harus dari alam, membuat atau membenahi rumah dengan gotong royong, meminta saran pemangku adat, bulan dan hari apa (diwase) yang tepat untuk membuat rumah, begawe (hajatan) dan bercocok tanam. Dari pola permukiman tersebut terdapat 8 nilai sosial : saling menghargai, kebersamaan, kerjasama, kebersihan, kesehatan, keamanan dan kepercayaan. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diambil adalah : 1) Pola permukiman agar tetap dipertahankan, karena rumah adat ini merupakan aset budaya yang masih tetap mempertahankan keaslian budaya dan tradisinya 2) Pemerintah lebih konsisten lagi untuk lebih memberikan dukungan sosial seperti rae (ilalang) dan fasilitas tambahan lainnya, 3) Memperhatikan nilai-nilai sosial terutama dukungan sosial (social support) dari pemerintah agar tetap dilestarikan rumah adat Limbungan yang kental akan adat istiadat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Habitualisasi, Pola Permukiman, Masyarakat Adat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 May 2021 03:36
Last Modified: 10 May 2021 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21775

Actions (login required)

View Item View Item