PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 BENTEK KECAMATAN GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

INDRAYANTO, INDRAYANTO (2021) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 BENTEK KECAMATAN GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INDRAYANTO (E1E216082)-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Bentek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan kategori Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 3 Bentek Kecamatan Gangga. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes tulis. Uji normalitas dilakukan denga perhitungan data berupa hasil belajar pretest dan posttest, kemudian setelah data berdistribusi normal dilakukan uji homogenitas yang di peroleh dari hasil perhitungan data posttest, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan perhitungan data posttest peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data dari pengujian uji-t (t-tes) diperoleh thitung 2,248 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 atau 5% adalah 2,026. Maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,248 > 2,026 sehingga Ha diterima atau Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Bentek. Sedangkan hasil uji effect size besar pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa yakni 0,89 berada pada kreteria sedang. Hal ini berarti bahwa Pendekatan Matematika Realistik dapat diterapkan di kelas IV SD Negeri 3 Bentek.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 May 2021 03:34
Last Modified: 10 May 2021 03:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21780

Actions (login required)

View Item View Item