PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKn PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GUGUS III PUJUT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

DIAH, MILASARI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKn PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GUGUS III PUJUT TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DIAH MILASARI E1E216040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap aktivitas dan hasil belajar muatan PPKn peserta didik kelas IV di SDN Gugus III Pujut Tahun Pelajaran 2020/2021. Keseulitan belajar peserta didik dan upaya penanggulangannya pada peserta didik kelas III di SDN Gugus 04 Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan Quasi Experimental Designbentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN Gugus III Pujut, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas IV SDN 4 Kawo sebagai kelas kontrol dan kelas IV SDN 2 Kawo sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dan tes tulis berupa pilihan ganda. Data aktivitas belajar diperoleh dari observasi pada proses belajar berlangsung yang menggunakan lembar aktivitas belajar. Data hasil belajar peserta didik berupa pretest dan posstest kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dengan uji kolmogrov smirnov, kemudian diuji homogenitas dengan f varian. Untuk penentuan uji hipotesis dapat dilakukan dengan membandingkan nilai thitung 3,363 dengan ttabel 2.042 dimana nilai thitung ≥ ttabel atau dengan melihat nilai Sig. (2-tailed) 0,002 ≤ 0,05 pada taraf signifikansi 5% dengan df 38 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya adalah ada pengaruh model pembelajaran TSTS terhadap Aktivitas dan hasil belajar Muatan PPKn peserta didik kelas IV Gugus III Pujut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), Aktivitas Belajar, Hasil BelajarMuatan PPKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 May 2021 04:05
Last Modified: 18 May 2021 04:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21785

Actions (login required)

View Item View Item