MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM DI DESA MONTONG BETOK KECAMATAN MONTONG GADING LOMBOK TIMUR TAHUN 2020

HUSNATUL, MAR’ATAINI (2021) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM DI DESA MONTONG BETOK KECAMATAN MONTONG GADING LOMBOK TIMUR TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Husnatul Mar'ataini (E1F016029).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kreativitas tidak akan tumbuh jika anak tidak mendapatkan dukungan dari lingkungan di sekitarnya. Kreativitas anak usia prasekolah tidak bisa dilepaskan dari faktor bermain. Pada penelitian ini, digunakan media bahan alam sebagai media bermain anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan media bahan alam di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur Tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang tidak mengadakan perhitungan dan bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas anak dan bahan alam. Objek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di Desa Montong Betok Kecamatan Montong Gading Lombok Timur Tahun 2020 yang berjumlah 3 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kualitatif untuk mengumpulkan data menggunakan observasi partisipan dan tekhnik transkripsi. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu tekhnik deskriptif dengan pendekatan kualitatif, hasil penelitian tidak berbentuk angka tetapi berbentuk kalimat. Hasil penelitian ini diperoleh data, bahwa dengan penggunaan media bahan alam dapat meningkatkan kreativitas pada anak usia 5-6 tahun. Dalam penelitian ini, langkah-langkah yang dilakukan adalah mengajak anak untuk melakukan kegiatan berkreasi sendiri sesuai dengan ide maupun imajinasi yang ada pada anak, memberi bimbingan motivasi dan dorongan pada anak, memberikan kesempatan kepada anak untuk lebih aktif dan kreatif dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan, bersikap terbuka dan menghargai minat dan gagasan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kreativitas, Bahan alam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 May 2021 04:05
Last Modified: 18 May 2021 04:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21786

Actions (login required)

View Item View Item