SIFAT MEKANIK KOMPOSIT SERAT DARI PELEPAH KELAPA, PELEPAH PISANG DAN SERAT KULIT WARU DENGAN PERLAKUAN ALKALI

SUHERMAN, SUHERMAN (2021) SIFAT MEKANIK KOMPOSIT SERAT DARI PELEPAH KELAPA, PELEPAH PISANG DAN SERAT KULIT WARU DENGAN PERLAKUAN ALKALI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_F1C113041_SUHERMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Komposit merupakan perpaduan antara dua atau lebih material yang disusun dengan cara tertentu untuk mendapatkan sifat yang baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingan sifat mekanik komposit diperkuat dari serat pelepah kelapa, serat batang pisang, dan serat kulit pohon waru. Pembuatan komposit yang berpenguat serat pelepah kelapa, serat batang pisang, dan serat kulit pohon waru dilalui dengan pengambilan serat dengan direndam selama dua minggu untuk pembusukan dan lebih mudah dalam pengambilan serat dengan cara disikat. Resin polyester sebagai penguat dengan fraksi volume serat 10%, 20%, 30%, dan 40%. Sebelumnya diberikan perlakuan dengan alkali yaitu NaOH konsentrasi 8% direndam selama 2 jam. Selanjutnya komposit dicetak sesuai dengan standar ASTM D3039 untuk uji tarik dan ASTM D790 untuk uji bending, kemudian komposit akan dilakukan pengujian tarik dan bending. Untuk mengetahui signifikasi pengaruh dari variasi antar serat dan fraksi volume serat. Dari hasil pengujian kekuatan tarik komposit dengan variasi fraksi volume serat pelepah kelapa, serat batang pisang, dan serat kulit pohon waru. Nilai kekuatan tarik tertinggi pada ketiga serat tersebut terjadi pada serat kulit pohon waru dengan variasi fraksi volume serat 40% dengan nilai kekuatan tarik rata-rata sebesar 64.232 MPa dan kekuatan tarik terendah terjadi pada variasi fraksi volume serat pelepah pisang dengan variasi fraksi volume 40% memiliki nilai kekuatan tarik rata-rata sebesar 37.383 MPa. Sedangkan untuk kekuatan bending dari serat pelepah kelapa, serat batang pisang, dan serat kulit pohon waru, nilai kekuatan bending dari ketiga serat tersebut terjadi pada serat kulit pohon waru dengan variasi fraksi volume serat yaitu 30% yang memiliki nilai tegangan bending sebesar 125.383 MPa, sedangkan nilai tegangan bending terendah didapatkan pada variasi serat pelepah pisang dengan fraksi volume serat yaitu 10% dimana memiliki nilai tegangan bending sebesar 54.352 MPa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : komposit, pelepah kelapa, serat batang pisang, serat kulit pohon waru, uji tarik, uji bending.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 May 2021 04:05
Last Modified: 18 May 2021 04:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21790

Actions (login required)

View Item View Item