HARAPAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah)

FATIMATUZZAHRAH, FATIMATUZZAHRAH (2021) HARAPAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_FATIMATUZZAHRAH_E1F016020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana harapan orang tua terhadap pendidikan anak usia dini pada masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Praya Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis study kasus. Subjek penelitiannya adalah semua orang tua yang memiliki anak usia dini dan sedang menempuh pendidikan anak usia dini yang ada di Kecamatan Praya mengenai harapannya terhadap pendidikan anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data model alir menurut Miles dan Huberman. Dari penelitian ini didapatkan 80% pernyataan setuju bahwa pembelajaran daring dinilai tetap mampu meningkatkan kualitas pembelajaran termasuk di dalam bidang kecakapan diri selama Covid-19 dengan cara tetap memberikan bimbingan dan pengawasan selama proses pembelajaran daring, walaupun 30% orang tua setuju bahwa pembelajaran daring lebih banyak menghabiskan biaya. Sebanyak 50 % orang tua berharap bahwa pembelajaran sekolah kembali dibuka seperti biasa dengan pertimbangan sekolah menerapkan protokol kesehatan dengan pembatasan jumlah anak dalam kelas, sekolah sudah menyediakan sarana kebersihan dan kesehatan serta sekolah sudah bekerja sama dengan puskesmas terdekat mengenai fasilitas kesehatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Harapan, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 May 2021 07:34
Last Modified: 24 May 2021 07:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21796

Actions (login required)

View Item View Item