OPTIMALISASI UNJUK KERJA SOLAR CELL MENGGUNAKAN REFLEKTOR PARABOLA DENGAN VARIASI SUDUT KEMIRINGAN REFLEKTOR PADA SISI UTARA DAN SELATAN

ALMAHERA, ALMAHERA (2021) OPTIMALISASI UNJUK KERJA SOLAR CELL MENGGUNAKAN REFLEKTOR PARABOLA DENGAN VARIASI SUDUT KEMIRINGAN REFLEKTOR PADA SISI UTARA DAN SELATAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_F1C016011_ALMAHERA..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang terletak di garis khatulistiwa yang memiliki tingkat iradiasi harian matahari rata-rata relatif tinggi yaitu sebesar 4,5 ⁄ perhari. Hal ini mendasari pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai sumber energi listrik baru terbarukan untuk menggantikan sumber energi fosil yang memiliki keterbatasan jumlah serta polusi yang mencemari lingkungan. Sel surya sebagai unit PLTS memiliki kendala daya keluaran yang tidak cukup besar dan sangat tergantung oleh kondisi alam. Salah satu metode pengoptimalan sel surya adalah dengan menggunakan cermin pemantul sinar matahari (reflector). Tugas akhir ini membahas mengenai pengaruh penggunaan reflector serta sudut kemiringan reflector yang tepat untuk mendapatkan daya keluaran yang optimal. Otimalisasi daya panel surya sangat berkembang di masa sekarang, dengan berbagai pengembangan bertujuan untuk mendapatkan hasil daya yang optimal. Dengan pengembangan penambahan reflektor yang dimodifikasi dari cermin cekung yang mana solar cell divariasikan menjadi tiga variasi yaitu solar cell tanpa reflektor, solar cell dengan penambahan reflektor sudut serta solar cell dengan penambahan reflektor sudut . Penelitian unjuk kerja solar cell dengan penambahan reflektor parabola pada sudut menghasilkan daya output 8,15 Watt, serta memiliki nilai efiiensi (η) 7,33%. Sedangkan unjuk kerja solar cell dengan penambahan reflektor sudut menghasilkan daya output 7,62 Watt, serta memiliki nilai efiiensi (η) 7,91%, dan untuk unjuk kerja solar cell tanpa penambahan reflektor memiliki nilai unjuk kerja dengan daya output 7,12 Watt, serta memiliki nilai efiiensi (η) sebesar 8,89%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Energi terbarukan, photovoltaic, solar cell, reflektor tipe datar, titik daya maksimum, efisiensi sesaat.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 May 2021 07:34
Last Modified: 24 May 2021 07:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21798

Actions (login required)

View Item View Item