TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN EKOWISATA BERBASIS MASYARAKAT DI DUSUN KERUJUK DESA MENGGALA KECAMATAN PEMENANG

Amalia, Khairunnisa (2021) TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN EKOWISATA BERBASIS MASYARAKAT DI DUSUN KERUJUK DESA MENGGALA KECAMATAN PEMENANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AMALIA KHAIRUNNISA_PARTISIPASI MASYARAKAT_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis tingkat partisipasi masyarakat Dusun Kerujuk dalam upaya pengembangan Ekowisata Kerujuk; (2) Menganalisis faktor-faktor apa yang berhubungan dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam upaya pengembangan Ekowisata Kerujuk; (3) Menganalisis strategi apa yang dapat diterapkan di Dusun Kerujuk untuk dapat meningkatkan partisipasi masyarakat Dusun Kerujuk dalam upaya pengembangan Ekowisata Kerujuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat partisipasi masyarakat Dusun Kerujuk termasuk di kategori rendah karena keterlibatan masyarakat dan kurang di seluruh tahap kegiatan yang dilaksanakan terkait pengembangan ekowisata. (2) Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat partisipasi masyarakat adalah pendidikan non-formal (skill), pendapatan, lama tinggal dan umur. (3) Strategi yang dapat diterapkan di Dusun Kerujuk dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat adalah strategi WO atau weakness-opportunity, dimana upaya-upaya kerjasama dengan pemerintah atau lembaga pendidikan untuk melakukan pembinaan meningkatkan kualitas SDM di Dusun Kerujuk untuk dapat lebih mandiri dalam mengelola ekowisata yang kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Partisipasi, Ekowisata berbasis masyarakat, Dusun Kerujuk
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 May 2021 07:34
Last Modified: 24 May 2021 07:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21800

Actions (login required)

View Item View Item