PENERAPAN METODE VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TEKNIK CERITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS III SD NEGERI 35 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

DESNI, NI NYOMAN (2017) PENERAPAN METODE VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TEKNIK CERITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS III SD NEGERI 35 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas III di SDN 35 Cakranegara. Hal ini disebabkan oleh kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran. Masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar PKn dengan menerapkan metode Value Clarification Technique (VCT) teknik cerita pada kelas III SD Negeri 35 Cakranegara tahun pelajaran 2016/2017?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan penerapan metode Value Clarification Technique (VCT) teknik cerita pada siswa kelas III SD Negeri 35 Cakranegara tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi serta refleksi. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu dari siklus I memperoleh skor 12,5 berkategori baik, pada siklus II memperoleh skor 16,5 berkategori sangat baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I yaitu memperoleh skor 51,5 dengan kategori cukup aktif, pada siklus II menjadi 57 dengan kategori aktif. Demikian pula dengan ketuntasan klasikal siklus I yaitu 67,85% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Value Clarification Technique (VCT) teknik cerita dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SD Negeri 35 Cakranegara tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Value Clarification Technique (VCT) Teknik Cerita dan Hasil belajar pkn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Apr 2018 06:53
Last Modified: 09 Apr 2018 06:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2186

Actions (login required)

View Item View Item