ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V B SDN 1 MIDANG LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

HUSNUL, KHADIJAH (2021) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V B SDN 1 MIDANG LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HUSNUL KHADIJAH_E1E016051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas V B SDN 1 Midang dalam menulis pantun tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru maupun peneliti lain. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan menulisa pantun yang berkategori sangat baik sebanyak 15 siswa dengan persentase 60%. Kemampuan menulis pantun yang berkategori baik sebanyak 3 siswa dengan persentase 12%. Kemampuan menulis pantun yang memperoleh kategori cukup sebanyak 4 siswa dengan persentase 16%. Dan kemampuan menulis pantun yang memperoleh kategori kurang sebanyak 3 siswa dengan persentase 12%. Dengan demikian, sesuai dengan penghitungan rerata nilai dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis pantun siswa kelas V B SDN 1 Midang berkategori baik dengan nilai rata-rata yaitu 79. Hasil dari penelitian ini diharapkan siswa lebih sungguh-sungguh dalam pembelajaran menulis pantun dan guru memberikan pelatihan dan buku bacaan kepada siswa agar kemampuan siswa pada aspek ketepatan diksi lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Analisis, Kemampuan, Menulis Pantun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 May 2021 07:38
Last Modified: 24 May 2021 07:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21875

Actions (login required)

View Item View Item