PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG KAMBING DAN PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA (PGPR) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA MERAH (Lactuca sativa L.)

Kadek, Uspa Siska Putri Yuli (2021) PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG KAMBING DAN PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA (PGPR) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA MERAH (Lactuca sativa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KADEK USPA SISKA PUTRI YULI (C1M016079).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan percobaan ini untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk kandang kambing dan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada merah (Lactuca Sativa L.). Percobaan ini dilakukan di Rumah kaca Fakultas Pertanian. Jenis metode yang digunakan yaitu metode eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor pertama dosis Pupuk kandang kambing 10 ton/ha, 15 ton/ha dan 20 ton/ha, serta faktor kedua adalah PGPR dengan konsentrasi 10%, 20% dan 30%, sehingga diperoleh 9 kombinasi dan diulang sebanyak 5 kali sehingga diperoleh 45 satuan percobaan. Pengamatan terhadap variabel pertumbuhan tanaman (tinggi tanaman dan jumlah daun) dilakukan setiap 7 hari sekali dan variabel hasil tanaman (bobot segar tanaman, bobot segar akar, bobot kering tanaman, bobot kering akar, dan panjang akar) yang diamati saat panen (35 MST). Data hasil pengamatan dari masing-masing variabel dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Analisis of Variance) pada taraf 5%. Apabila terdapat pengaruh nyata, maka diuji lanjut dengan uji BNJ pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara perlakuan pupuk kandang kambing dan PGPR tidak berpengaruh nyata terhadap semua variabel pengamatan. Perlakuan pupuk kandang kambing berpengaruh terhadap laju pertambahan jumlah daun (1,327 helai/minggu), berat segar tanaman (28,5 g), dan panjang akar (20,48 cm), PGPR berpengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan tinggi tanaman (4,027 cm/minggu) dan berat segar tanaman (27,1 g).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Selada Merah, Pupuk Kandang Kambing, PGPR
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 May 2021 02:25
Last Modified: 25 May 2021 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21884

Actions (login required)

View Item View Item