PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING METHOD (PTM) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 26 DOMPU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NOVITASARI, NOVITASARI (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING METHOD (PTM) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 26 DOMPU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSII NOVITASARI (E1E016105).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Peer Teaching Method (PTM) Terhadap Hasil Belajar IPA siswa kelas V di SDN 26 Dompu Tahun Pelajaran 2020/2021. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Ekperimental Desaign tipe Nonequivalent Control Group Desaign. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 26 Dompu yang berjumlah 37 siswa, 19 siswa kelas VA yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan sebagai kelas kontrol sedangkan pada kelas VB berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan sebagai kelas ekperimen di SDN 26 Dompu Tahun peljaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data pada dalam penelitian ini tes hasil belajar kognitif (Pretest-posttest) untuk memperoleh data hasil belajar IPA. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar sebanyak 10 soal uraian yang telah memenuhi validitas. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan rumus t-test polled varians. Uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menghasilkan sedangkan , dengan kata lain, . Berdasarkan kriteria pengujian yakni jika maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran peer teaching method (ptm) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 26 Dompu tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Metode Pembelajaran Peer Teaching Method (PTM) Hasil Belajar IPA).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Jun 2021 00:26
Last Modified: 03 Jun 2021 00:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21913

Actions (login required)

View Item View Item