PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN CERITA RAKYAT BIMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SD DI GUGUS 1 KECAMATAN WAWO

ASTUTI, MULYANINGSI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN CERITA RAKYAT BIMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SD DI GUGUS 1 KECAMATAN WAWO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ASTUTI MULYANINGSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penellitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan cerita rakyat Bima terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV Gugus 1 Kecamatan Wawo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Wawo tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 86 orang yang terdiri dari SDN 2 Maria, SDN Inpres Ntori, SDN 3 Maria, dan SDN Inpres Kombo. Teknik sampling penelitian ini adalah probability sampling tipe cluster random sampling dengan sampel kelas IV SDN 3 Maria dan kelas IV SDN Inpres Kombo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berbicara siswa menggunakan rubrik penilaian (pretest-posttest). Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Data hasil penilaian keterampilan berbicara siswa dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,540 > 1,991dan rata-rata nilai siswa pada post-test kelas eksperimen dan kontrol sebesar 69 > 60,8. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan cerita rakyat Bima terhadap keterampilan berbicara siswa SD di Gugus 1 Kecamatan Wawo 2020/2021”. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan cerita rakyat Bima dapat diterapkan di siswa SD kelas IV untuk meningkatkan keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model pembelajaran CTL, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Jun 2021 00:26
Last Modified: 03 Jun 2021 00:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21914

Actions (login required)

View Item View Item