PENERAPAN METODE SINGLE MOVING AVERAGE DAN EXPONENTIAL SMOOTHING DALAM PERAMALAN PERMINTAAN JAMU DAUN KELOR DI KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM (CV. TRI UTAMI JAYA)

Ika, Handayani (2021) PENERAPAN METODE SINGLE MOVING AVERAGE DAN EXPONENTIAL SMOOTHING DALAM PERAMALAN PERMINTAAN JAMU DAUN KELOR DI KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM (CV. TRI UTAMI JAYA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IKA HANDAYANI (C1G116049).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui metode yang paling tepat diantara metode Single Moving Average dan Exponential Smoothing dalam peramalan permintaan jamu daun kelor di CV. Tri UtamiJaya, (2) Untuk mengetahui jumlah peramalan permintaan jamu daun kelorpada CV.Tri Utami Jaya pada tahun 2020 berdasarkan metode yang terpilih, (3) Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat (Internal dan External) dalam usaha pengolahan jamu daun kelor di CV. Tri Utami Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Unit analisis yang digunakan adalah agroindustri produk jamu berbahan baku kelor pada CV. Tri Utami Jaya. Penelitian ini dilakukan di CV. Tri Utami Jaya dengan pertimbangan satu- satunya agroindustri yang memproduksi produk berbahan baku kelor. CV. Tri Utami Jaya berlokasi di Jl. Sakura Raya Blok G. No. 10 BTN Sweta Indah, Sandubaya, Turida, Kota Mataram – Nusa Tenggara Barat. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik CV. Tri Utami Jaya. Responden pengelola ditetapkan 1 (orang) yaitu pemilik usaha produk berbahan baku kelor pada CV. Tri Utami Jaya. Jenis data yang di gunakan adalah data sekunder dan data primer. Data sekunder berasal dari data historis volume penjualan Jamu Sasambo CV. Tri Utami Jaya. Data primer adalah data yang diperoleh dari hasil wawancara bersama Pimpinan CV. Tri Utami Jaya. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak delapan yaitu jenis produk, harga produk, volume penjualan, nilai penjualan, biaya produksi, biaya variabel, biaya tetap, dan kendala dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan beberapa analisis data diantaranya adalah metode Single Moving Average dan Single Exponential Smoothing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode peramalan yang digunakan CV. Tri Utami Jaya adalah metode Single Moving Average karena memiliki nilai MADterkecil yaitu120,6 unit pertahun. Sementara ituuntuk meramalkan jamu daun kelor, metode peramalan yang digunakan adalah metode Single Moving Average karena memiliki nilai eror lebih kecil yaitu 120,6 unit pertahun sedangkan Metode Single Exponential Smoothing memiliki nilai eror lebih besar yaitu 270,2 unit pertahun. (2) Peramalan penjualan jamu daun kelor pada tahun 2020 sejumlah 1.745,5 kemasan pertahun.Dengan tingkat kesalahan MAD sebesar 120,6 unit pertahun. (3) faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan Jamu daun kelor pada CV. Tri Utami Jaya, yaitu faktor eskternal dan internal. Ekternal distributor, reseles, Marketplace. Internal biaya produksi, biaya distribusi, kurangnya pengawasan, kendala social dan kebijakan pemerintah, Segmen pasar yang masih terbagi-bagi. K

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ata kunci : Metode Single Moving Average Dan Exponential Smoothing, Peramalan, Jamu, Kelor.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Jun 2021 00:26
Last Modified: 03 Jun 2021 00:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21915

Actions (login required)

View Item View Item