DAMPAK GEMPA BUMI TERHADAP ASSET KEHIDUPAN DAN STRATEGI RECOVERY RUMAH TANGGA PETANI : STUDI KASUS DI DESA SALUT DAN DESA PENDUA KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

Jodi, Dharma Firnadi (2021) DAMPAK GEMPA BUMI TERHADAP ASSET KEHIDUPAN DAN STRATEGI RECOVERY RUMAH TANGGA PETANI : STUDI KASUS DI DESA SALUT DAN DESA PENDUA KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - JODI DHARMA FIRNADI (C1G016109).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menilai dampak gempa bumi tahun 2018 terhadap aset kehidupan rumah tangga petani di Desa Salut dan Desa Pendua Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. 2) Menganalisis strategi recovery yang ditempuh rumah tangga petani di Desa Salut dan Desa Pendua Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara untuk bisa produktif kembali dan bertahan terhadap resiko gempa bumi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan unit analisis yakni rumah tangga petani yang terkena dampak gempa bumi tahun 2018. Penentuan daerah sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Gempa bumi yang berskala 7,0SR tahun 2018 berdampak positif dan negatif terhadap asset kehidupan rumah tangga petani yaitu pada asset manusia, fisik, alam, sosial dan keuangan. (2) Strategi recovery yang dipilih keluarga petani untuk melanjutkan kehidupan setelah bencana alam gempa bumi adalah menambah pekerjaan sampingan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Dampak Gempa Bumi, Asset Kehidupan, Strategi Recovery
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Jun 2021 00:26
Last Modified: 03 Jun 2021 00:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21920

Actions (login required)

View Item View Item