POPULASI LALAT BUAH DAN KERUSAKAN YANG DITIMBULKANNYA PADA TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI DESA JAGARAGA LOMBOK BARAT

Bimo, Satryo Wicaksono (2021) POPULASI LALAT BUAH DAN KERUSAKAN YANG DITIMBULKANNYA PADA TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI DESA JAGARAGA LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BIMO SATRYO WICAKSONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui populasi dan jenis lalat buah serta kerusakan yang ditimbulkannya pada tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.) yang dibudidayakan secara PHT. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan bulan Oktober 2020 di lahan milik petani yang berada di Desa Jagaraga, Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data secara langsung di lapangan pada sejumlah titik pengamatan. Pengamatan dimulai pada saat tanaman berumur 40 HST, dengan interval 5 hari sampai dengan tanaman berumur 85 HST, sehingga total pengamatan yaitu 10 kali pengamatan. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah populasi lalat buah, jenis lalat buah, dan intensitas kerusakan tanaman cabai. Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis lalat buah yang ditemukan yaitu Bactrocera carambolae, Bactrocera dorsalis, dan Bactrocera umbrosa. Populasi lalat buah yang ditemukan pada lahan PHT yaitu 2657 ekor dan di lahan non PHT yaitu 1624 ekor. Rata-rata intensitas kerusakan tanaman cabai lahan PHT yaitu sebesar 10,16%, sedangkan di lahan non PHT yaitu sebesar 25,69%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Lalat buah, tanaman cabai, PHT
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Jun 2021 00:26
Last Modified: 03 Jun 2021 00:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21921

Actions (login required)

View Item View Item