Adaptasi dan Pengembangan Budi Daya Gandum (Triticum aestivum) di Pulau Lombok Adaptation and Development of Wheat (Triticum aestivum) Cultivation on Lombok Island

Akhmad Zubaidi, Akhmad Zubaidi and Dwi Ratna Anugrahwati, Dwi Ratna Anugrahwati Adaptasi dan Pengembangan Budi Daya Gandum (Triticum aestivum) di Pulau Lombok Adaptation and Development of Wheat (Triticum aestivum) Cultivation on Lombok Island. Agrosinema Balitbangtan, Kementan.

[img]
Preview
Text
Adaptasi dan Pengembangan Budi Daya Gandum.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Konsumsi gandum di Indonesia tinggi dan terus meningkat. Untuk menurunkan impor biji gandum yang tinggi, Indonesia harus memiliki produksi dalam negeri. Gandum adalah tanaman daerah iklim sedang; oleh karena itu diperlukan upaya dalam mengadaptasikannya ke daerah tropis. Pulau Lombok diharapkan menjadi lahan pertanaman gandum potensial. Percobaan lapangan dilakukan pada 6 kali tanam pada tahun 2010 (selang 2 minggu dari 19 April sampai 27 Juni) dan 3 kali tanam pada tahun 2011 (antara 20 Mei sampai 19 Juni) di 3 lokasi yang berbeda hingga ketinggian1000 meter di atas permukaan laut (mdpl) untuk mewakili daerah elevasi rendah, sedang dan tinggi. Delapan varietas gandum Australia dan 2 varietas Indonesia dipilih untuk mewakili kisaran umur panen yang berbeda. Perkembangan tanaman berlangsung cepat pada lingkungan dengn suhu tinggi yang menerus ini dengan pembungaan terjadi 40-70 hari setelah tanam. Produktivitas gandum dipengaruhi oleh elevasi dan waktu tanam, di dataran rendah, hasil sekitar 1 ton/ha atau kurang, sedangkan pada 500 mdpl atau lebih, hasil berkisar antara 2-3 t/ha. Varietas berumur sedang memiliki hasil yang lebih tinggi daripada varietas berumur dalam atau varietas genjah. Waktu tanam optimal adalah pertengahan Mei hingga awal Juni.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): adaptasi gandum, Lombok, letak ketinggian, temperatur tinggi, waktu tanam
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: . Salahudin, A.Md.,S.Adm. ,
Date Deposited: 06 Jun 2021 06:47
Last Modified: 06 Jun 2021 06:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21935

Actions (login required)

View Item View Item