PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN FUN COOKING DALAM MENINGKATKAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DUSUN RUMAK BARAT UTARA TAHUN 2020

INDI, AZMA AMANIA (2021) PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN FUN COOKING DALAM MENINGKATKAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DUSUN RUMAK BARAT UTARA TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Indi Azma Amania E1F016033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Fun Cooking merupakan kegiatan kontekstual dikemas secara sederhana dan menyenangkan agar dapat menstimulasi tumbuh kembang anak khususnya pada aspek kognitif yang berkaitan dengan peroses berfikir dan nalar anak serta pada aspek sosial-emosional yang berkaitan dengan sikap dan perilaku anak terhadap lingkungannya, sehingga penelitian ini tertarik untuk mengetahui penerapan kegiatan Fun Cooking dalam menstimulasi perkembangan aspek kognitif dan sosial-emosional anak. Penelitian ini menerapkan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data, kemudian analisis datanya menggunakan model strategi analisis deskriptif-kualitatif dari Burhan Bungin, yang dimana data-data yang telah didapat akan diklasifikasikan sesuai dengan kelompok masing-masing, lalu dianalisis menggunakan induktif analitis untuk menemukan kesimpulan. Penelitian ini diterapkan pada anak berusia 4-5 tahun berjumlah dua orang dengan jenis kelamin berbeda serta berasal dari Dusun Rumak Barat Utara. Setelah menerapkan kegiatan, penelitian ini menumakan bahwasanya penerapan kegiatan bermain Fun Cooking dapat berperan positif pada tumbuh kembang aspek kognitif, terutama dalam mengklasifikasikan, membilang, serta menunujukan kelompok banyak dan sedikit, selain itu anak juga mampu menggunakan benda sesuai fungsi serta membentuk sesuai dengan gagasannya. Pada aspek sosial- emosional.kegiatan ini meningkatkan kemampuan anak dalam memahami aturan dan disiplin, melatih kepercayaan diri, saling menghargai serta saling tolong dan berbagi. Saran untuk peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan aspek yang dapat dijangkau dengan menggunakan kegiatan Fun Cooking.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Bermain Fun Cooking, Tumbuh Kembang Anak
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jun 2021 01:23
Last Modified: 07 Jun 2021 01:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21936

Actions (login required)

View Item View Item