ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGOPERASIKAN PEMBAGIAN BERSUSUN PADA KELAS III SDN 45 AMPENAN SEMESTER I TEMA I SUBTEMA 4 TAHUN PELAJARAN

Qamrurrahman, Ali (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGOPERASIKAN PEMBAGIAN BERSUSUN PADA KELAS III SDN 45 AMPENAN SEMESTER I TEMA I SUBTEMA 4 TAHUN PELAJARAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
3 QAMRURRAHMAN ALI (ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGOPERASIAN PEMBAGIAN BERSUSUN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi anak kesulitan melakukan pembagian bersusun pada kelas III SDN 45 Ampenan, manfaat dari penelitian ini ialah memberikan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar dalam mengoperasikan pembagian bersusun yang dialami oleh siswa kelas III SDN 45 Ampenan Kecamatan Sekarbela. Metode penelitian ialah deskriptif. Penelitian ini menggunakan populasi kelas III pada SDN 45 Ampenan dengan berjumlah 37 siswa. Tahap dari penelitian ini melakukan wawancara terhadap guru dan pemberian angket kepada siswa. Data yang diperoleh ialah dengan cara pemberian angket siswa dan wawancara guru kelas, hasilnya ada 28 siswa kesulitan dalam melakukan pembagian bersusun dan 9 siswa lain bisa melakukan pembagian bersusun. penyebab kesuliatan siswa SDN 45 Ampenan disebabkan oleh factor internal seperti kurangnya minat, bakat dan kemampuan berhitung siswa, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas III SDN 45 Ampenan masih banyak yang belum bisa melakukan operasi pembagian bersusun dengan presentasi 75,67% yang tidak bisa melakukan pembagian bersusun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kesulitan pembagian bersusun, faktor yang mempengaruhi, metode diskriptif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jun 2021 06:44
Last Modified: 06 Jun 2021 06:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21948

Actions (login required)

View Item View Item