PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG RUMPUT LAUT Eucheuma cottonii PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Regina, Adelia Burhani (2021) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG RUMPUT LAUT Eucheuma cottonii PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN NILA (Oreochromis niloticus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI REGINA ADELIA BURHANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan nila merupakan salah satu dari jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Salah satu yang menjadi permasalahan dalam kegiatan budidaya adalah harga bahan baku pakan yang relatif mahal. Untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan tepung rumput laut dapat menjadi salah satu bahan alternatif dalam mengurangi pengunaan tepung ikan dan tepung kedelai pada pakan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh penambahan tepung rumput laut E. cottonii pada pakan terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan nila (O. niloticus). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini yaitu P1 (kontrol/ tanpa tepung rumput laut), P2 (tepung E. cottonii 4%), P3 (tepung E. cottonii 8%), P4 (tepung E. cottonii 12%). Data dianalisis menggunakan analisa sidik ragam (ANOVA) dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung rumput laut E. cottonii pada pakan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan berat mutlak dan pertumbuhan panjang mutlak pada ikan nila, akan tetapi tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap laju pertumbuhan spesifik, efesiensi pemanfaatan pakan, rasio konversi pakan dan kelangsungan hidup ikan nila.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ikan Nila, Eucheuma cottonii, Pakan Ikan, Pertumbuhan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jun 2021 06:32
Last Modified: 06 Jun 2021 06:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21959

Actions (login required)

View Item View Item