ANALYSIS OF ELT MATERIALS ON GENDER REPRESENTATION: A COMPARISON BETWEEN BUKU SISWA BAHASA INGGRIS SMA/MA/SMK/MAK KELAS X (EDISI REVISI 2016) PUBLISHED BY KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA AND PATHWAY TO ENGLISH 1 FOR SMA/MA GRADE X PUBLISHED BY ERLANGGA

Baiq, Annisa Shallaita (2021) ANALYSIS OF ELT MATERIALS ON GENDER REPRESENTATION: A COMPARISON BETWEEN BUKU SISWA BAHASA INGGRIS SMA/MA/SMK/MAK KELAS X (EDISI REVISI 2016) PUBLISHED BY KEMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA AND PATHWAY TO ENGLISH 1 FOR SMA/MA GRADE X PUBLISHED BY ERLANGGA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
THESIS Baiq Annisa Shallaita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Materi ELT Pada Representasi Gender: Perbandingan Antara Buku Siswa Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas X (Edisi Revisi 2016) Diterbitkan oleh Kemendikbud Republik Indonesia dan Pathway To English 1 Untuk SMA/MA Kelas X Diterbitkan oleh Erlangga bertujuan untuk menunjukkan bagaimana kedua buku teks ELT tersebut mengakomodasi gender dalam isinya dan apakah terdapat jenis bias gender dalam buku teks tersebut. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan suatu fenomena dan karakteristiknya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan analisis isi yang didukung oleh data deskriptif kuantitatif. Analisis dilakukan untuk menganalisis teks dan foto tertulis pada dua buku teks ELT terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Buku 1) dan penerbit Erlangga (Buku 2). Analisis representasi gender didasarkan pada lima kategori dari Amini dan Birjandi (2012), yaitu visibility, firstness, konstruksi generik maskulin / feminin, pekerjaan, dan aktivitas yang berkaitan dengan gender. Analisis bias gender didasarkan pada kategori yang dikemukakan oleh Sadker dan Zittleman (2002), yaitu invisibility, stereotyping, unreality, imbalance and selectivity, fragmentation and isolation, linguistic bias, and cosmetic bias. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 bias gender pada Buku 1, dan 5 bias gender pada Buku 2, dan Buku 1 menggunakan kelima kategori dalam merepresentasikan gender dalam isinya, sedangkan Buku 2 hanya menggunakan empat kategori. Berdasarkan hasil tersebut, Buku 1 lebih baik dalam hal representasi gender dan bias gender. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para perancang materi, penulis, guru, dan siswa untuk lebih memahami isu gender dari kedua buku teks tersebut, dan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: materi ELT, buku teks, representasi gender, bias gender.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jun 2021 06:32
Last Modified: 06 Jun 2021 06:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21960

Actions (login required)

View Item View Item