ANALISIS LITERASI KIMIA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI BERPENDEKATAN ETNOSAINS

DWI, AL-FIALISTYANI (2021) ANALISIS LITERASI KIMIA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI BERPENDEKATAN ETNOSAINS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS_DWI AL-FIALISTYANI_I2E018004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi kimia peserta didik pada aspek konten, konteks, kompetensi, dan sikap terhadap kimia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri berpendekatan etnosains. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian One group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 3 Mataram. Sampel yang diambil adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA PC sebanyak 64 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Literasi kimia yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu aspek konten, konteks, kompetensi dan sikap peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes literasi kimia berupa pilihan ganda sebanyak 15 butir soal dan lembar observasi penilaian sikap peserta didik. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menghitung ketercapaian kemampuan literasi kimia peserta didik pada aspek konten, konteks, dan kompetensi, dengan teknik analisis data menggunakan uji N-gain berdasarkan data hasil pretest dan posttes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kemampuan literasi kimia peserta didik secara keseluruhan untuk kelas kontrol dan eksperimen secara berurutan yaitu 0,51 dan 0,67 yang termasuk kriteria sedang. Hasil analisis literasi kimia kelas eksperimen dalam aspek konten sebesar 0,69 aspek konteks sebesar 0,59 dan kompetensi sebesar 0,74 sedangkan hasil analisis literasi kimia untuk kelas kontrol pada aspek konten sebesar 0,71 aspek konteks sebesar 0,47 dan kompetensi sebesar 0,34. Dalam aspek sikap peserta didik terhadap sains berdasarkan data hasil observasi untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol termasuk kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan literasi kimia secara keseluruhan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri, Etnosain, Literasi kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:36
Last Modified: 07 Jun 2021 02:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21970

Actions (login required)

View Item View Item