ANALISIS PENGGUNAAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TEKS NARASI SISWA KELAS V SDN 44 AMPENAN TAHUN AJARAN 2020/2021

RAUDATUL, JANNAH (2021) ANALISIS PENGGUNAAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TEKS NARASI SISWA KELAS V SDN 44 AMPENAN TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RAUDATUL JANNAH (E1E216155).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kaidah kebahasaan dalam teks narasi siswa kelas V SDN 44 Ampenan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa teks narasi karya-karya siswa kelas V.Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata siswa sudah menerapkan penggunaan kaidah kebahasaan, tanda baca dan ejaan dalam menulis teks narasi. Pada aspek penggunaan kaidah kebahasaan, sebagian besar siswa sudah mampu menerapkan penggunaanya dengan baik, sehingga memperoleh persentase sebesar 61%, pada aspek penggunaan tanda baca, sebagian besar siswa sudah mampu menerapkan penggunaannya dengan baik, sehingga memperoleh persentase sebesar 68%, dan pada aspek penggunaan ejaan, sebagian besar siswa sudah sangat baik menerapkan penggunaanya, sehingga memperoleh persentase sebesar 94,5%. Dari data penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan kaidah kebahasaan siswa dalam menulis teks narasi dikategorikan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan semua aspek kaidah kebahasaan sudah diterapkan oleh sebagian besar siswa kelas V SDN 44 Ampenan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Analisis, Kaidah Kebahasaan, Teks Narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:48
Last Modified: 07 Jun 2021 06:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21972

Actions (login required)

View Item View Item