PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADAMUATAN MATERI IPS KELAS V DI SDN 02 SESAIT KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021.

Nurul, Hidayanti (2021) PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADAMUATAN MATERI IPS KELAS V DI SDN 02 SESAIT KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Nurul Hidayanti NIM E1E216143.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brainstorming terhadap keterampilan pemecahan masalah pada muatan materi IPS kelas V di SDN 2 Sesait kecamatan kayangan kabupaten lombok utara tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 44 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas V A dan V B. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V B dijadikan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang dan V A dijadikan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes yaitu pada tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Berdasarkan tes awal (pre-test) diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 52,27 dan kelas kontrol sebesar 52,54. Setelah diberi perlakuan, yaitu tes akhir (post-test) diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 71,63 dan kelas kontrol sebesar 55. Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil perhitungan thitung sebesar 2,973 sedangkan ttabel sebesar 2,698 yang berarti t hitung (2,973) > t tabel (2,698), maka Ha di terima dan Ho di tolak. Sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh metode brainstorming terhadap keterampilan pemecahan masalah pada muatan materi IPS kelas V di SDN 2 sesait kecamatan kayangan kabupaten lombok utara tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Metode Brainstorming, Keterampilan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:20
Last Modified: 07 Jun 2021 03:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21973

Actions (login required)

View Item View Item