UJI EFEKTIVITAS BEBERAPA EKSTRAK TUMBUHAN SEBAGAI PESTISIDA NABATI UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT REBAH SEMAI YANG DISEBABKAN OLEH JAMUR Sclerotium rolfsii Sacc. PADA TANAMAN KEDELAI

Rahmah, Dian Sari (2021) UJI EFEKTIVITAS BEBERAPA EKSTRAK TUMBUHAN SEBAGAI PESTISIDA NABATI UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT REBAH SEMAI YANG DISEBABKAN OLEH JAMUR Sclerotium rolfsii Sacc. PADA TANAMAN KEDELAI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Rahmah Sian Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sclerotium rolfsii adalah penyabab penyakit rebah semai pada tanaman kedelai. Pengendalian penyakit ini biasanya dilakukan dengan menggunakan fungisida kimiawi yang berdampak negatif pada lingkungan. Salah satu upaya mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan fungisida nabati dari ekstrak tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak tanaman lengkuas, jahe, kunyit, tamulawak, dan kencur terhadap pertumbuhan koloni jamur Sclerotium rolfsii secara in-vitro dan penyakit rebah semai pada tanaman kedelai secara in-vivo. Selain itu, dilakukan juga uji fitokmia untuk mengetahui kandungan senyawa sekunder yang terdapat pada ekstrak tanaman. Percobaan dilaksanakan di Laboratorium Kimia Dasar, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Laboratorium Mikrobiologi, Fakultas Pertanian, dan Rumah Kaca Fakultas Pertanian, Universitas Mataram, dari bulan Juli sampai dengan Oktober 2020. Percobaan disusun dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tujuh perlakuan dan tiga ulangan. Tujuh perlakuan tersebut adalah ekstrak lengkuas, jahe, kunyit, tamulawak, dan kencur dengan konsentrasi 5% (v/v) dan kontrol (+) serta alkohol (-). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak lengkuas, jahe, kunyit, tamulawak, dan kencur dengan konsentrasi 5% dapat menekan pertumbuhan jamur S.rolfsii secara in-vitro, namun dalam percoban secara in-vivo semua esktrak tidak dapat menekan penyakit rebah semai pada tanaman kedelai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Tanaman kedelai, penyakit rebah semai, ekstrak nabati, Sclerotium rolfsii.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:12
Last Modified: 07 Jun 2021 03:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21976

Actions (login required)

View Item View Item