ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA AGROINDUSTRI BERBASIS UBI KAYU DI DESA MASBAGIK TIMUR KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Nurifa, Irma Andriati (2021) ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA AGROINDUSTRI BERBASIS UBI KAYU DI DESA MASBAGIK TIMUR KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURIFA IRMA ANDRIATI DIJILID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui besar keuntungan agroindustri berbasis ubi kayu di Desa Masbagik Timur Kecamatan Masbagik; (2) mengetahui kelayakan usaha agroindustri berbasis ubi kayu di Desa Masbagik Timur Kecamatan Masbagik ; (3) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi agroindustri di Desa Masbagik Timur Kecamatan Masbagik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis agroindustri berbasis ubi kayu di Desa Masbagik Timur Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur dengan pertimbangan bahwa di Desa Masbagik Timur terdapat usaha pengolahan ubi kayu sebagai opak-opak dan tape singkong. Penentuan daerah sample dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Penentuan Responden dalam penelitian ini dilakukan secara sensus dengan menetapkan sebanyak 10 responden yaitu 5 responden untuk opak-opak dan 5 responden untuk tape singkong. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis besar keuntungan dan kelayakan usaha agroindustri ubi kayu. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Keuntungan agroindustri berbasis ubi kayu dari usaha opak-opak adalah sebesar Rp 1.148,428/pp dan tape singkong adalah sebesar Rp 648.596/pp. (2) Agroindustri berbasis ubi kayu di Desa Masbagik Timur Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur layak diusahakan, dengan nilai R/C Ratio dari agroindustri opak-opak adalah sebesar 2.29 dan agroindustri tape singkong adalah sebesar 2.22. (3) Kendala yang dihadapi pengusaha agroindustri ubi kayu di Desa Masbagik Timur Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur adalah cuaca yang dapat memperlambat proses pengeringan opak-opak dan bahan baku untuk proses tape dan opak-opak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Agroindustri ubi kayu, keuntungan, kelayakan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:48
Last Modified: 07 Jun 2021 06:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21978

Actions (login required)

View Item View Item