ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBENTUK SOAL CERITA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PADA SISWA KELAS IX SMPN 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021

NOPIA, RIZKI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBENTUK SOAL CERITA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PADA SISWA KELAS IX SMPN 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOPIA RIZKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang berbentuk soal cerita ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen penelitian yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Pemilihan subjek menggunakan teknik cluster random acak, berdasarkan pertimbangan guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 8 Mataram tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dimulai dari peneliti melakukan observasi ke sekolah, lalu dibagikan tes kemampuan pemecahan masalah yang berisikan 2 masalah dalam bentuk soal uraian, tahap terakhir peneliti melakukan wawancara kepada 6 orang yang diperoleh dar masing-masing perwakilan perkriteria hasil tes kemampuan pemecahan masalah yang telah diberikan. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan melihat nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika dilihat dari kriteria tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian diperoleh, (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa perempuan kelas IX di SMPN 8 Mataram dalam menyelesaikan soal cerita materi statistika berada pada kriteria sedang dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 73,44, dan (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa laki-laki kelas IX di SMPN 8 Mataram dalam menyelesaikan soal cerita materi statistika berada pada kriteria sedang dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 77,64, dan (3) perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki dan perempuan terletak dari langkah-langkah yang digunakan dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan tahap pemecahan masalah matematika Polya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, soal cerita, gender, polya, statistika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jun 2021 07:02
Last Modified: 09 Jun 2021 07:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22038

Actions (login required)

View Item View Item