ANALISIS VARIASI STARTER PEMBUATAN BIOETANOL BERBAHAN BAKU JERAMI PADI TERHADAP KADAR DAN SIFAT FISIK ALKOHOL YANG DIHASILKAN

SUJARMANSYAH, RAMADANI (2021) ANALISIS VARIASI STARTER PEMBUATAN BIOETANOL BERBAHAN BAKU JERAMI PADI TERHADAP KADAR DAN SIFAT FISIK ALKOHOL YANG DIHASILKAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Sujarmansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang sampai saat ini, porsi bauran energi primer masih didominasi oleh bahan bakar fosil. Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia sendiri masih sangat tinggi walaupun produksi domestiknya terus menurun. Dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2025, penyediaan BBM sudah tidak bisa terpenuhi di dalam negeri. Bioetanol merupakan bahan bakar nabati yang dapat dihasilkan dari tanaman yang mengandung pati dan dapat juga dibuat dari bahan yang mengandung lignoselulosa. Senyawa lignoselulosa terdiri atas tiga komponen utama, yaitu selulosa, hemiselulosa, dan lignin yang merupakan bahan utama penyusun dinding sel tumbuhan. Selulosa banyak terdapat dalam limbah pertanian. Limbah ini merupakan salah satu sumber energi yang cukup potensial dan merupakan bahan berselulosa yang dapat dikonversi menjadi etanol. Salah satu limbah pertanian yang dapat digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan etanol adalah jerami padi. Jerami padi mengandung polisakarida dalam bentuk selulosa 41,06 %, hemiselulosa 13,88 % dan lignin 25,33 %. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi starter yang dibuat sebelum proses fermentasi dalam pembuatan bioetanol terhadap kadal alkohol dan sifat fisik alkohol ( Specific Gravity, nilai kalor, flash and fire point ) yang dihasilkan. Adapun variasi starter yang digunakan yaitu (12 %, 14 %, 16 %)/Liter sampel cairan fermentasi. Komposisi bahan pembuatan starter dengan acuan yaitu ragi Fermipan 20 gr/L, Pupuk NPK Mutiara (16-16-16) 0,32 gr/L, Pupuk Urea 1,2 gr/L. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa starter berpengaruh terhadap kadar alkohol, volume alkohol, nilai Specific Gravity, dan nilai kalor. Semakin tinggi variasi starter, maka semakin tinggi kadar dan volume alkohol yang dihasilkan. Kadar alkohol tertinggi dengan penelitian 3 sampel tiap variasi starter yang diteliti diperoleh pada variasi starter 16% dengan nilai rata-rata yaitu 55,67%, sedangkan volume tertinggi dengan penelitian 3 sampel tiap variasi starter yang diteliti diperoleh pada variasi starter 16% dengan nilai rata-rata yaitu 22 mL. Semakin tinggi variasi starter maka semakin rendah nilai Spesific Gravity. Spesific Gravity terendah dengan penelitian 3 sampel tiap variasi starter yang diteliti diperoleh pada variasi starter 16% dengan nilai rata-rata yaitu 0,861. Semakin tinggi variasi starter, maka semakin tinggi nilai kalor yang dihasilkan. Nilai kalor tertinggi didapatkan pada variasi starter 16% sebesar 3657 cal/gr. Nilai flash and fire point dari setiap variasi starter penelitian yang dijalankan tidak menimbulkan pengaruh dimana nilainya adalah sama yaitu 33 o C.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Bahan bakar minyak, bioetanol, jerami padi, starter, alkohol.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jun 2021 07:16
Last Modified: 09 Jun 2021 07:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22041

Actions (login required)

View Item View Item