PERANAN WTO DALAM PENYELESAIAN SENGKETA DAGANG (STUDI KASUS INDONESIA MELAWAN UNI EROPA KASUS PENGENAAN BEA MASUK ANTI DUMPING (BMAD) PRODUK BIODIESEL)

Richard, van der Kruit (2021) PERANAN WTO DALAM PENYELESAIAN SENGKETA DAGANG (STUDI KASUS INDONESIA MELAWAN UNI EROPA KASUS PENGENAAN BEA MASUK ANTI DUMPING (BMAD) PRODUK BIODIESEL). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Richard van der Kruit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam perdagangan dunia ada organisasi dimana perdagangan dunia di awasi, dilindungi serta menjaga hak dan kewajiban para anggotanya yaitu, World Trade Organization (WTO). Didalam WTO satu–satunya lembaga yang menangani persengketaan dagang ialah Dispute Settlement Body (DSB) WTO. Sebagaimana mekanisme penyelesaian terdiri dari beberapa tahapan untuk mendapatkan solusi atas terjadinya sengketa dagang antara anggota WTO. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang terjadinya kasus kebijakan anti-dumping oleh EU terhadap ekspor Indonesia, mengatuhi mekanisme penyelesaian sengketa dalam kerangka WTO pada kasus tersebut. Manfaat serta kegunaan penelitian ini adalah secara teoritis diharapkan berguna untuk menambah pengembangan ilmu Hukum Perdagangan Internasional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode hukum normatif, yakni cara pemecahan suatu masalah dengan cara pengumpulan data dan fakta-fakta khusus mengenai kejadian masa lampau, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indonesia sangat mudah terpengaruh dan dipengaruhi akibat tindakan EU. Hal ini terlihat dari pengaruh kebijakan Renewable Energy Directive (RED) II yang berhasil menghambat masuknya kelapa sawit Indonesia ke EU. Untuk mengantisipasi RED II, Indonesia harus menemukan suatu strategi untuk mencegah ganguan ekspor Indonesia ke EU.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : WTO, DSB, Uni Eropa, Indonesia, anti dumping, RED II.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jun 2021 23:45
Last Modified: 09 Jun 2021 23:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22043

Actions (login required)

View Item View Item