PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS “TEKS PROSEDUR” SISWA LAKI – LAKI DAN SISWA PEREMPUAN KELAS XI SMKN 2 KURIPAN

SRI, ADININGSIH (2021) PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS “TEKS PROSEDUR” SISWA LAKI – LAKI DAN SISWA PEREMPUAN KELAS XI SMKN 2 KURIPAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI ADININGSIH_E1C117071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah kemampuan menulis teks prosedur siswa laki-laki kelas XI SMKN 2 Kuripan? (2)Bagaimanakah kemampuan menulis teks prosedur siswa perempuan kelas XI SMKN 2 Kuripan? (3)Bagaimanakah perbandingan kemampuan menulis teks prosedur siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas XI SMKN 2 Kuripan? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif yang bersifat deskriptif. (1)Total skor siswa laki-laki adalah 126. Nilai tetinggi 87,5 kategori baik, nilai terendah 75 kategori cukup, dan nilai rata-rata 78,73 kategori cukup. Siswa laki-laki lebih banyak menggunakan 2 struktur, lebih banyak menggunakan 3 unsur kebahasan, sebagian besar penggunaan ejaan salah, dan mampu membuat teks prosedur yang isinya sesuai dengan judul, lengkap, dan jelas. (2)Total skor siswa perempuan adalah 140. Nilai tetinggi 93,7 kategori sangat baik, nilai terendah 75 kategori cukup, dan nilai rata-rata 87,45 kategori baik. Siswa perempuan lebih banyak menggunakan 3 struktur, lebih banyak menggunakan 3 unsur kebahasan, sebagian besar penggunaan ejaan benar, dan mampu membuat teks prosedur yang isinya sesuai dengan judul, lengkap, dan jelas. (3)Total skor siswa laki-laki adalah 126, sedangkan siswa perempuan 140. Nilai tertinggi siswa laki-laki 87,5, sedangkan siswa perempuan 93,7. Nilai terendah siswa laki-laki dan siswa perempuan 75. Nilai rata-rata siswa laki-laki 78,73, sedangkan siswa perempuan 87,45. Kemampuan siswa perempuan lebih baik dari siswa laki-laki pada aspek struktur, unsur kebahasaan, dan penggunaan ejaan. Siswa laki-laki dan siswa perempuan memiliki kemampuan yang sama pada aspek isi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis siswa perempuan lebih baik dibandingkan siswa laki-laki dalam hal kemampuan menulis teks prosedur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Perbandingan, Kemampuan menulis, Teks Prosedur, Laki-laki dan Perempuan, SMKN 2 Kuripan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jun 2021 23:45
Last Modified: 09 Jun 2021 23:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22046

Actions (login required)

View Item View Item