PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CORE (CONNECTING-ORGANIZING-REFLECTING- EXTENDING) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020

Nina, Niarti (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CORE (CONNECTING-ORGANIZING-REFLECTING- EXTENDING) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX NINA JILID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Kediri Tahun Ajaran 2019/2020 pada materi kubus dan balok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam tiga kelas. Kelas sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Adapun untuk teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dan dilanjutkan dengan uji-t pooled varians. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe CORE dengan yang menggunakan model pembelajaran lengsung. Kelas yang menerapkan model CORE mendapatkan nilai rata-rata sebesar 77,86 sedangkan yang menerapkan model pembelajaran langsung memperoleh nilai rata-rata 65,15. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe CORE memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Kediri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe CORE, kemampuan komunikasi matematis, Kubus dan Balok.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Jun 2021 04:11
Last Modified: 10 Jun 2021 04:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22053

Actions (login required)

View Item View Item