PROFIL KELEMBAGAAN DAN KINERJA PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN (PPL) DI BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA

Nurjumiatun, Nurjumiatun (2021) PROFIL KELEMBAGAAN DAN KINERJA PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN (PPL) DI BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_NURJUMIATUN_PROFIL KELEMBAGAAN DAN KINERJA PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN (PPL) DI BALAI PENYULUHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui Profil Kelembagaan Penyuluhan Pertanian di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sape Kabupaten Bima (2) Untuk mengentahui Kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan unit analisis adalah Penyuluh yang berada di wilayah kerja Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dan petani yang berada di wilayah Kecamatan Sape. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam kegiatan penyuluhan terdapat tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada ketiga tahapan ini kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam kategori tinggi dengan pencapaian skor 56 dari 66 skor maksimun, artinya Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang ada di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sape telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal ini ditunjukkan, pada tahap persiapan tergolong kategori sedang dengan pencapaian skor berjumlah 23 dari 27 skor maksimun, tahap pelaksanaan tergolong kategori tinggi dengan pencapaian skor 21 dari 27 skor maksimun, dan pada tahap evaluasi tergolong kategori tinggi pada pencapaian skor berjumlah 12 dari 12 skor maksimun (2) Profil Kelembagaan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Sape tersusun atau terstruktur berdasarkan Peraturan Bupati Bima Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pembentukan, Susunan, Kedudukan, Tugas, Fungsi,dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas dan Badan Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima yang di uraikan sesuai dengan Bagan Struktur Organisasi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang dilihat dari tugas dan fungsi, wewenang dan tanggungjawab yang terdiri dari : Kepala BPP, TUBPP (Tata Usaha Balai Penyuluhan Pertanian), UPPP (Unit Penunjang Pertanian dan Perkebunan), Penyuluh, dan Bagian Administrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Penyuluh Pertanian dan Kinerja Penyuluhan Pertanian
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Jun 2021 04:11
Last Modified: 10 Jun 2021 04:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22054

Actions (login required)

View Item View Item