PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 9 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021

ARTHINA, UTAMI (2021) PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 9 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Arthina Utami.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui urutan penggunaan platform pembelajaran daring, pendapat guru mata pelajaran matematika terhadap pelaksanaan pembelajaran daring, kendala yang ditemui oleh guru mata pelajaran matematika dalam menggunakan platform pembelajaran daring serta hasil belajar matematika peserta didik selama pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan peserta didik kelas XI MIA 2 dan XI MIA 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan tes. Teknik angket dan wawancara dilakukan secara langsung. Teknik tes berupa soal uraian yang diberikan kepada peserta didik kelas XI MIA 2 dan XI MIA 4 secara tidak langsung melalui platform Google Classroom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Platform pembelajaran daring yang paling mudah digunakan untuk mengajarkan mata pelajaran matematika, paling mudah digunakan untuk mengawasi aktifitas peserta didik dan paling boros penggunaan kuota internet adalah platform Zoom. Platform pembelajaran daring yang paling mudah digunakan untuk melakukan evaluasi pada mata pelajaran matematika dan yang paling mudah digunakan untuk memeriksa hasil belajar peserta didik adalah platform Google Classroom. Guru mata pelajaran matematika tidak setuju terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Negeri 9 Mataram. Adapun kendala yang ditemui yaitu kesulitan menyiapkan, mengontrol dan mengawasi peserta didik, kesulitan membuat model dan media pembelajaran yang menarik, kesulitan menggunakan platform pembelajaran daring, kesulitan mengajarkan beberapa materi, kesulitan membedakan peserta didik yang mengerjakan ujian kerjasama atau kerja mandiri serta kesulitan pada sarana pembelajaran peserta didik dan jaringan internet. Sedangkan hasil belajar matematika peserta didik selama pembelajaran daring di SMA Negeri 9 Mataram belum tuntas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pembelajaran, Platform Daring, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Jun 2021 04:11
Last Modified: 10 Jun 2021 04:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22056

Actions (login required)

View Item View Item