KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs. AL-MADANI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI ARITMETIKA SOSIAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Nurlaili, Mursilawati (2021) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs. AL-MADANI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI ARITMETIKA SOSIAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Nurlaili Mursilawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmetika sosial berdasarkan tingkat kemampuan siswa kelas VII MTs. Al-Madani tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Al-Madani Pelulan kecamatan Kuripan kabupaten Lombok Barat. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dimana dipilih 6 siswa kelas VII MTs. Al-Madani, terdiri dari siswa berkemampuan tinggi, orang siswa berkemampuan sedang, dan siswa berkemampuan rendah, masing-masing 2 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Tes, dokumentasi, dan wawancara, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data hasil tes tulis dan wawancara dengan subjek penelitian diperoleh skor rata-rata penalaran matematis siswa untuk subjek berkemampuan tinggi adalah 31,5, skor rata-rata penalaran matematis subjek berkemampuan sedang adalah 20,5, skor rata-rata penalaran matematis subjek berkemampuan rendah adalah 10,5. Subjek berkemampuan tinggi memenuhi indikator memahami masalah, melakukan manipulasi matematis, menemukan pola untuk membuat generalisasi, dan mengambil kesimpulan. Subjek berkemampuan sedang memenuhi indikator memahami masalah, melakukan manipulasi matematis, dan memeriksa kesahihan suatu argumen. Subjek berkemampuan rendah hanya memenuhi indikator memahami masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Penalaran matematis, soal cerita, aritmetika sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Jun 2021 07:04
Last Modified: 10 Jun 2021 07:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22065

Actions (login required)

View Item View Item