HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 3 MIDANG

Almadiliana, Almadiliana (2021) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 3 MIDANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ALMADILIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untu mengetahui hubungan antara kemamuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika siswa kelas V SDN 3 Midang Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 3 Midang yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yakni dimana semua populasi dijadikan sampel, metode yang digunakan untuk pengambilan data yaitu berupa tes. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika siswa kelas V SDN 3 Midang, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, yang ditunjukkan oleh hasil olah data menggunaan korelasi product moment dimana > pada taraf signifikansi 5% yakni 0,79 > 0,334, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Membaca Pemahaman, Soal Cerita matematika SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Jun 2021 07:04
Last Modified: 10 Jun 2021 07:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22066

Actions (login required)

View Item View Item