KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR

GUNTORO, EDY PRAYOGI (2021) KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIIA SMP Negeri 19 Mataram dalam menyelesaikan soal cerita materi Himpunan ditinjau dari prestasi belajar. Dengan subjek penelitian yaitu 6 siswa kelas VIIA SMP Negeri 19 Mataram yang sudah dipilih berdasarkan prestasi belajar. Indikator untuk prestasi belajar pada penelitian ini yaitu hasil ulangan tengah semester siswa kelas VIIA SMP Negeri 19 Mataram tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian berupa lembar tes tulis dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data dimulai dengan membagikan lembar tes tertulis yang berisikan 3 soal ke subjek penelitian lalu melakukan wawancara dengan subjek penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan melihat siswa menyelesaikan soal menggunakan analisis Polya atau tidak, jika menggunakan analisis Polya tahapnya sudah benar atau tidak, jika menggunakan analisis Polya dengan langkah yang sudah benar maka jawaban siswa dianalisis menggunakan analisis Polya yang mempunyai 4 tahap yaitu memahami masalah, memilih strategi pemecahan masalah yang tepat, menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali. Hasil penelitian yaitu pada tahap memahami masalah subjek melakukan kesalahan dengan presentase sebesar 16,66% dengan kategori kecil, pada tahap memilih strategi pemecahan masalah yang tepat subjek penelitian melakukan kesalahan dengan presentase sebesar 20% dengan kategori kecil, pada tahap menyelesaikan masalah subjek penelitian melakukan kesalahan dengan presentase sebesar 51,66% dengan kategori tinggi dan pada tahap memeriksa kembali subjek penelitian melakukan kesalahan dengan presentase sebesar 64,58% dengan kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Analisis, SMP Negeri 19 Mataram, Tahap Polya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Jun 2021 07:04
Last Modified: 10 Jun 2021 07:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22067

Actions (login required)

View Item View Item