ANALISIS PENDAPATAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA USAHATANI JAMUR TIRAM DI KECAMATAN PRINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Sanis, Majid (2021) ANALISIS PENDAPATAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA USAHATANI JAMUR TIRAM DI KECAMATAN PRINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Sanis majid FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan salah satu komoditas hortikultura yang potensial dan mulai banyak digemari masyarakat dengan berbagai manfaat sebagai bahan makanan, maupun obat-obatan. Jamur tiram juga termasuk dalam kategori komoditas pertanian organik, karena pada proses penanaman jamur tiram tidak menggunakan pupuk buatan atau bahan kimia lainnya, sehingga semakin menguatnya keyakinan masyarakat untuk mengkonsumsi jamur tiram. Hal ini menyebabkan usaha jamur tiram tidak lagi sekedar hanya sebagai usaha sambilan, namun telah berkembang menjadi usaha pokok pada sebagian masyarakat. Kecamatan Pringgarata salah satu penghasil jamur tiram, terdapat 2 desa yang membudidayakan jamur tiram, antara lain Desa Taman Indah dan Desa Pemepek. Pada di Desa Taman Indah di tahun 2019 mengalami kenaikan dan penurunan jumlah produksinya. Mulai di bulan Juli mengalami kenaikan produksi yang cukup signifikan dari 21,5 Kg menjadi 148 Kg. Pada bulan November jamur tiram mengalami penurunan produksi menjadi 93 Kg. Begitu pula dengan Desa Pemepek di tahun 2019 mengalami kenaikan dan penurunan jumlah produksinya. Mulai di bulan Juli mengalami kenaikan produksi dari 21 Kg menjadi 137 Kg. Pada bulan November jamur tiram mengalami penurunan produksi menjadi 91,5 Kg. Meningkatnya luas panen dan produksi yang berkembang mengindikasikan bahwa konsumsi jamur saat ini makin diminati. Berdasarkan uraian tersebut, perlu dilakukan penelitian yang berjudul “Analisis Pendapatan dan Penyerapan Tenaga Kerja pada UsahaTani Jamur Tiram di Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah” Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menganalisis pendapatan usahatani jamur tiram di Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah. (2) Untuk menganalisis besarnya penyerapan tenaga kerja pada usahatani jamur tiram. (3) Untuk mengetahui masalah/hambatan dalam melakukan usahatani jamur tiram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang dilakukan di Desa Taman Indah, dan Desa Pemepek. Dengan total responden sebanyak 13 orang dimana 8 responden dari Desa Taman Indah, dan 5 responden dari Desa Pemepek. Penentuan responden dilakukan secara Sensus. Analisis data menggunakan analisis penyerapan tenaga kerja, analisis biaya penerimaan, dan analisis biaya pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pendapatan rata-rata pada usahatani jamur tiram di Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah sebesar Rp. 11.039.229, dan R/C Ratio sebesar 3 (layak). (2) penyerapan tenaga kerja pada usahatani jamur tiram tiram didapatkan hasil total HKO sejumlah 6,70 HKO hasil tersebut diperoleh dari rincian rata-rata penyerapan tenaga kerja pada tenaga kerja luar keluarga (TKLK) sejumlah 3,07 HKO dan tenaga kerja dalam keluarga (TKDK) sejumlah 3,63 HKO. (3) Faktor-faktor penghambat yang dihadapi oleh anggota usahatani jamur tiram di Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah yaitu modal untuk usaha, dan penyakit yang menyerang pada baglog maupun bibit jamur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pendapatan, Penyerapan Tenaga Kerja, Hambatan, jamur
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:01
Last Modified: 11 Jun 2021 02:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22076

Actions (login required)

View Item View Item