PENGARUH MEDIA TEKA – TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS KELAS V SDN 61 KARARA KOTA BIMA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

FITRI, WAHYUNINGSIH (2021) PENGARUH MEDIA TEKA – TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS KELAS V SDN 61 KARARA KOTA BIMA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hasil belajar muatan IPS siswa V SDN 61 Karara Kota Bima yang masih rendah. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui pengaruh media teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPS kelas V SDN 61 Karara Kota Bima tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tipe Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 61 Karara Kota Bima. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk data hasil belajar IPS siswa yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas ini menggunakan tes untuk data hasil belajar IPS siswa yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Penguji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test dengan menggunakanpolled varians. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung≥ ttabel yaitu sebesar 1,969 ≥ 1,678 padat taraf signifikansi 5% (0,05) dengan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 = 25 + 25 – 2 = 48. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, yaitu jika thitung≥ ttabel, maka H0 ditolakdan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPS kelas V SDN 61 karara kota bima tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Media Teka-TekiSilang, Hasilbelajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jun 2021 23:49
Last Modified: 13 Jun 2021 23:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22093

Actions (login required)

View Item View Item