“ RANCANG BANGUN TEMPAT SAMPAH OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO ATMEGA 328P ”

SUMAHAR, SUMAHAR (2021) “ RANCANG BANGUN TEMPAT SAMPAH OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO ATMEGA 328P ”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA_Sumahar_F1B014097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sampah merupakan salah satu masalah yang sering terjadi dalam lingkungan kita. Setiap hari rata-rata manusia menghasilkan sampah, baik sampah rumah tangga maupun sampah dari industri yang bermacam-macam jenisnya. Teknologi yang semakin canggih dan modern menyebabkan segala aspek pekerjaan manusia dapat terintegrasi dengan teknologi tersebut. Salah satu teknologi yang paling populer dalam membantu pekerjaan manusia adalah mikrokontroler. Salah satu aplikasi penggunaan mikrokontroler adalah tempat sampah pintar agar memudahkan orang dalam buang sampah dan menjaga kebersihan lingkungan. Maka tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancangan tempat sampah otomatis menggunakan mikrokontroler Arduino Uno dan membuat rancangan tempat sampah yang mampu memberikan notifikasi berupa sms dan notifikasi bunyi ketika tempat sampah penuh. Dalam perancangan ini menggunakan 2 sensor ultrasonik HC-SR04 yang berfungsi untuk mendeteksi ketinggian permukaan sampah dan mendeteksi objek yang mendekati tempat sampah, Motor servo berfungsi untuk membuka dan menutup tempat sampah, buzzer berfungsi sebagai notifikasi bunyi dan Modul GSM SIM800L berfungsi untuk mengirimkan pesan ke Handphone ketika tempat sampah penuh.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : mikrokontroler, Arduino Uno, Sensor ultrasonik HC-SR04, Motor servo, Buzzer, Modul GSM SIM800L.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jun 2021 23:50
Last Modified: 13 Jun 2021 23:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22106

Actions (login required)

View Item View Item