ANALISIS POLITIK LUAR NEGERI FILIPINA TERHADAP TIONGKOK DALAM SENGKETA LAUT TIONGKOK SELATAN (STUDI KASUS : JOINT COAST GUARD COMMITTEE FILIPINA-TINGKOK)

WAHYU ILHAM F, M. (2021) ANALISIS POLITIK LUAR NEGERI FILIPINA TERHADAP TIONGKOK DALAM SENGKETA LAUT TIONGKOK SELATAN (STUDI KASUS : JOINT COAST GUARD COMMITTEE FILIPINA-TINGKOK). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI M. WAHYU ILHAM F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Filipina dan Tiongkok merupakan dua negara yang ikut serta di dalam sengketa Laut Tiongkok Selatan (LTS). Sengketa antara kedua negara yang berlangsung dari tahun 1947 hingga era kontemprorer mengalami peningkatan intensitas ketegangan disebabkan dengan meningkatnya agresivitas Tiongkok terhadap Filipina. Kebijakan untuk bekerjasama dengan Tiongkok merupakan hal baru bagi Filipina. Hubungan kedua negara sepakat melakukan kerangka kerjasama Joint Coast Guard Committee (JCGC). JCGC merupakan sebuah kerjasama maritime yang berbentuk patroli bersama penjaga pantai kedua negara di Laut Tiongkok Selatan. Kerangka konseptual yang digunakan adalah teori kebijakan luar negeri dan teori pembuatan kebijakan rational choice model dari Charles Kegley dan Shanon Blanton. Berdasarkan tahapan pembuatan kebijakan tersebut, penulis menemukan bahwa para aktor pembuat kebijakan termotivasi untuk mempertahankan kepentingan ekonomi dan keamanan yang besar terhadap Tiongkok

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Laut Tiongkok Selatan, Kebijakan Luar Negeri, Rational Choice Model, Filipina, dan Kepentingan Nasional.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:02
Last Modified: 14 Jun 2021 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22116

Actions (login required)

View Item View Item