PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN SE-KABUPATEN DOMPU

Mekar, Dwi Ayu Lestari (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN SE-KABUPATEN DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MEKAR DWI AYU (E1S016044).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran e- learning di masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Se-Kabupaten Dompu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di SMA Se-kabupaten Dompu. Teknik pengambilan sampel “proportional random sampling” dengan sampel 333. Data pembelajaran e- learning menggunakan kuesioner dengan bantuan google form. Data hasil belajar siswa mata pelajaran sosiologi menggunakan tes pilihan ganda 23 soal serta data penelitian ini diperoleh menggunakan multiple choice yang sudah memenuhi validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran soal. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif menggunakan regresi sederhana yaitu statistik non parametrik, karena tidak memenuhi persyaratan analisis. Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus kolmogromeirnov dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan di lanjutkan dengan uji linearitas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran e- learning di masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Berdasarkan hasil analisis uji regresi sederhana menunjukkan bahwa thitung hasil belajar sosiologi sebesar 0,00 < dari ttabel sebesar 0,05. Maka dapat di simpulkan terdapat pengaruh pembelajaran e-learning di masa pandemi covid- 19 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pembelajaran e-learning, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:02
Last Modified: 14 Jun 2021 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22119

Actions (login required)

View Item View Item